Senin, 09 Januari 2012

KACA FILM dengan 99% Angka Ajaibnya..




Tidaklah berlebihan rasanya statement: “Kaca Film, Plastik Ajaib Ciptaan Manusia”.
Bagaimana tidak ajaib, hanya selembar plastik (istilah awamnya) namun mempunyai fungsi bisa menahan terpaan panas Matahari , radiasi UV ataupun menahan pecahan kaca  berhamburan.
Berawal dari kebutuhan akan privacy saat mengendarai mobil, terciptalah lembaran plastik yang telah diwarnai hitam dan bisa di tempelkan di kaca kaca mobil, agar pengemudi maupun penumpang tidak mudah terlihat dari luar.
Kemudian berkembang, dengan kemampuan menolak panas matahari hingga ada merk/produsen yang meng claim bisa menolak panas hingga 99%, so fantastis.
Angka 99% memang sangat menarik dalam membuat calon konsumen penasaran dan kemudian membeli, namun tidak jarang masih ada konsumen yang merasa kecewa dengan mengatakan koq panasnya masih terasa ya….nah lo
Biasanya kalau sudah begitu, yang dijadikan kambing hitam adalah penjual Kaca Film nya, padahal sebenarnya banyak parameter yang terlupakan seperti:
Bagaimana kondisi mobil, apakah saat panas itu dirasakan adalah setelah mobil terjemur dibawah terik matahari, lalu kita masuk mobil & kita merasa panas banget dalam kabin mobil ?.
Bila kondisinya seperti diatas, penulis berani memastikan bahwa Kaca Film Tidak Bersalah dan tidak boleh dijadikan tertuduh, karena saat mobil terjemur dalam kondisi mesin mati dan AC mati juga, maka panas akan meresap masuk kedalam kabin mobil lewat kap mesin / pintu / bagasi atau bahkan dari bagian bawah mobil.
Coba nyalakan mesin dan ac nya, lalu rasakan seberapa cepat kabin mobil kita menjadi dingin dan tubuh kita menjadi nyaman. Semakin cepat perubahan Suhu dalam kabin, menunjukkan semakin ajaibnya plastik yang kita tempelin dikaca mobil kita yang disebut Kaca Film.
Kemudian case lain saat menggunakan kaca film yang “katanya” bisa menolak panas hingga 99% namun saat kita mengendarai mobil, panas tetap masuk / terasa hangat di wajah / tangan kita. Apakah produsen / penjual kaca filmnya bohong ?. Belum tentu, jawabannya…lho koq ?. Perjalanan dan pembelajaran diatas 10 tahun dalam dunia Kaca Film membuat penulis menemui berbagai kasus yang berhubungan dengan kekecewaan konsumen terhadap berbagai merk kaca film. Dan waktu juga yang mengajarkan kepada penulis, bahwa Kaca Film si Plastik ajaib ini ada 2 jenis yaitu Absorbtance Film (meredam panas) dan Reflectance Film (memantulkan panas).
Jenis Absorbtance maupun Reflectance ini sangat mempengaruhi keabsahan angka 99%, terutama di Negara Katulistiwa seperti Indonesia. Banyak case sebuah produk yang di Negara Tropis lainnya dianggap OK, namun begitu dipasarkan di Indonesia menjadi tidak terlalu OK…aneh kan.
Lalu sebenarnya ada nggak sih Kaca Film yang mampu menolak panas hingga 99% ?, bisa penulis katakan “Ngga Ada Kaca Film yang bisa menolak Panas hingga 99%”. Yang ada ialah Infra Red nya ditolak hingga 99%, namun menolak Infra Red hingga 99% bukan berarti menolak panas hingga 99%. Disini, bila CODYMAXX Readers mau mencari tau kebenarannya, bisa googling, dan penulis yakin yang akan ditemukan adalah Infra Red hanya 44% dari Total Keseluruhan Spectrum Matahari. Lalu bagaimana bagian yang hanya 44% lalu dijadikan sebagai bahan justifikasi / acuan 99% ?.
Jawabannya adalah: Penyampaian dan Penerimaan informasi yang kurang tepat.
Angka 99% itu memang ada, namun hanya untuk UV Rejected, bukan Heat Rejected. Nah, penjual Kaca Film lah yang seharusnya mau bercapek capek sedikit menerangkan tentang angka 99% ini, agar Penjual Kaca Film tidak menjadi kambing Hitam yang kemudian berimbas ke Merk / Brand Kaca Film itu sendiri.
Lalu bagaimana dong menyingkapi angka 99% ini, tips dari penulis: Bacalah spek dari produk yang mau dibeli itu terutama pada angka yang ditunjukkan dalam spek Solar Propertiesnya.
Solar Energy Reflectance, Solar Energy Absorbtance, Solar Energy Transmission dan Total Solar Energy Rejected lah yang musti dijadiin parameter/panduan para calon konsumen. Bukan hanya Infra Red Rejected atau UV Rejectednya saja yang dijadikan patokan, karena memang kedua Solar Properties ini  yang sering menunjukkan angga 99%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar