Rabu, 01 Februari 2012

TIPS : Menghemat Bahan Bakar

1.Lakukan pemeliharaan kendaraan secara berkala, ikuti selalu kondisi terakhirnya.
Ganti filter udara yang tersumbat, lakukan penyetelan mesin, ganti oli secara berkala dan lakukan perawatan ban dengan cermat untuk meningkatkan jarak tempuh per liter pemakaian bahan bakar.

2. Isilah bahan bakar dengan bijaksana.
Pilih jenis bahan bakar yang paling tepat untuk kendaraan Anda, seperti terdapat di buku panduan pemilik. Menurut Federal Trade Commission pada umumnya, kebanyakan mobil dapat bekerja dengan baik pada tingkat oktan reguler.
Berhati-hatilah dengan perangkat yang mengklaim dapat memperpanjang jarak tempuh bahan bakar
Anda, biasanya lebih banyak kerugiannya daripada keuntungannya.


3. Berkendaralah dengan tenang. Jangan terburu-buru
Berdasarkan laporan, tingkat efisiensi penggunaan bahan bakar akan mulai menurun pada kecepatan melebihi 100 km/jam, belum lagi resiko kecelakaan yang semakin tinggi.

4. Kurangi muatan.
Penimbunan banyak barang di bagasi atau tempat duduk belakang adalah kebiasaan yang akan membuat boros konsumsi bahan bakar. Menurut laporan, mengurangi muatan hingga 45 kg akan meningkatkan efisiensi bahan bakar hingga 2%.

5. Perkaya informasi Anda dengan teknologi kendara / berkendara
Perkembangan teknologi kini mulai mendukung upaya kearah penyelamatan lingkungan. Mulai dari upaya mencari energi terbarukan, kendaraan yang mampu menghemat bahan bakar hingga ban yang dapat mendukung efisiensi pemakaian bahan bakar kendaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar