Jumat, 27 April 2012

FAQ - Pertanyaan umum tentang perawatan mobil anda

Berapa banyak udara yang sebaiknya dipompakan ke dalam ban saya?
Pengisian angin (pemompaan) pada ban adalah salah satu hal terpenting dalam perawatan ban. Informasi yang tertera pada sisi ban adalah angka maksimal sebuah ban untuk menerima tekanan angin. Dan ini tidak selamanya sama dengan angka tekanan angin yang sesuai untuk kendaraan Anda. Selalu ikuti petunjuk pengisian angin yang dianjurkan oleh produsen kendaraan Anda. Anda dapat memperoleh informasi ini dari buku petunjuk manual kendaraan Anda, atau pada informasi yang tertera di sisi bawah pintu mobil, atau informasi yang tertera di bagian dalam dashboard. Selalu lakukan pengecekan tekanan angin ban pada saat ban dalam kondisi dingin (misalnya pada saat ban baru dikendarai kurang dari 1 mil, atau pada saat mobil telah berhenti selama 1 jam atau lebih). Gunakanlah selalu alat ukur tekanan angin yang berkualitas. Harap diingat bahwa merupakan suatu hal yang wajar apabila ada tonjolan halus di bagian sisi ban setelah mendapatkan tekanan angin yang baik. Lakukan pengecekan dan penambahan tekanan angin ban secara berkala setelah beberapa minggu, terutama sebelum melakukan perjalanan jauh atau perjalanan dengan mengangkut beban yang berat. Dan jangan lupa untuk memastikan ban serep dalam kondisi baik.

Apakah yang dimaksud dengan penyelarasan arah ban (alignment)?
Sebuah kendaraan akan berjalan dengan selaras dan lurus apabila semua komponen suspensi dan stir dalam kondisi prima, dan juga apabila keadaan ban dan velg terpasang dengan baik dan benar. Penyelarasan arah ban ini diperlukan untuk mendapatkan keausan ban yang merata dan ketepatan pengendalian. Keausan ban depan dan belakang yang tidak merata, atau kendaraan Anda tidak memiliki kendali yang baik (misalnya miring ke salah satu sisi), biasanya hal ini disebabkan oleh penyelarasan arah ban yang keliru. Banyak kendaraan saat ini yang dilengkapi dengan suspensi belakang yang dapat diselaraskan. Kendaraan Anda mungkin saja hanya membutuhkan penyelarasan untuk kedua ban depan saja, atau bahkan membutuhkan penyelarasan untuk keempat ban secara keseluruhan, tergantung gejala ketidaknyamanan apa yang Anda alami. Keuntungan dari melakukan penyelarasan arah ban pada kendaraan Anda adalah jarak tempuh yang lebih jauh, performa dan kenyamanan. Sumber Rejeki memiliki tenaga ahli untuk memberikan layanan penyelarasan ban dan suspensi kendaraan.

Mengapa ban saya harus diseimbangkan (balanced)?
Ban yang memiliki keseimbangan yang baik juga sangat penting untuk kenyamanan berkendara dan dapat memperpanjang usia pakai ban Anda. Ban yang tidak memiliki keseimbangan yang baik dapat menyebabkan getaran pada saat dikendarai yang dapat berakibat pada kenyamanan berkendara, kelelahan pada pengemudi, usia pakai yang singkat dan kerusakan pada suspensi kendaraan Anda. Ban harus dalam kondisi seimbang terutama pada saat dipasang ke roda pertama kali, maupun pada saat pemasangan kembali setelah diperbaiki. Ban harus diseimbangkan (dibalance) kembali pada saat ada gejala getaran muncul. Getaran bisa juga disebabkan oleh penyelarasan yang tidak baik atau masalah mekanis lainnya. Sumber Rejeki dengan tenaga ahlinya akan dapat membantu Anda untuk mengecek atau memperbaiki hal ini.

Apakah mudah memasang sebuah ban pada velg? Apakah saya bisa melakukannya sendiri?
Jangan pernah mencoba memasang ban Anda sendiri. Karena memasang ban adalah suatu pekerjaan khusus oleh seseorang yang mempunyai pengalaman tertentu dan dilengkapi dengan alat khusus. Apabila Anda mencoba hal ini sendiri, Anda dapat mengalami resiko kecelakaan serius, dan di samping itu dapat menimbulkan kerusakan pada ban dan velg.

Apakah aman untuk memperbaiki ban yang sudah kempes/bocor ?
Apabila ban sudah kehilangan semua atau sebagian besar tekanan anginnya, ban tersebut harus dilepas dari roda untuk pemeriksaan secara menyeluruh demi memastikan bahwa ban tersebut tidak rusak. Ban yang kempes, walaupun dipakai dalam jarak dekat akan rusak pada saat direparasi. Ban bocor, terkena tusukan, atau sobek hingga ¼ inci (tergantung dari telapak ban) dapat saja diperbaiki oleh tenaga terlatih dengan menggunakan metode khusus yang disepakati oleh industri. Jangan mencoba untuk membetulkan ban apabila lubang mencapai kedalaman lebih dari ¼ inci atau karena kebocoran pada dinding samping.
Jangan mencoba untuk membetulkan ban dengan keausan yang sudah mencapai kedalaman 1/16 inci pada telapak. Hal terbaik yang harus Anda lakukan adalah memastikan ban serep Anda selalu dalam kondisi prima. Lakukan pengecekan tekanan angin secara berkala dan pastikan bahwa semua dalam kondisi baik. Apabila mobil Anda dilengkapi dengan sebuah ban serep, pastikan juga ban tersebut memiliki tekanan angin, kecepatan dan batas jarak tempuh yang sesuai. Bawalah ke Sumber Rejeki untuk penanganan secara ahli untuk perawatan dan perbaikan ban.

Bagaimana saya dapat memeriksa ban saya dari masalah keausannya?
Ban seringkali memberikan pertanda kepada Anda lebih awal, sehingga Anda mempunyai cukup waktu untuk memperbaikinya. Anda harus mempelajari petunjuk mengenai tanda-tanda ban aus untuk menghindari Anda dari masalah yang mengakibatkan usia pakai ban yang semakin pendek setelah menempuh perjalanan beribu-ribu mil jauhnya. Hal ini adalah beberapa masalah yang sering timbul.

Haruskah saya melakukan rotasi pada ban saya?
Melakukan rotasi ban secara benar dan berkala akan memberikan keausan yang merata dari semua ban pada kendaraan Anda. Ban yang digunakan pada segala kondisi cuaca harus dirotasi dengan pola menyilang “modifikasi X”, yang artinya ban yang berada di kiri belakang dipindahkan ke depan kanan, ban kanan belakang dipindahkan ke kiri depan dan kedua ban depan dipindahkan ke belakang tanpa disilang.
Metode rotasi ini membantu memberikan keausan yang merata pada pola telapak dari keseluruhan ban. Tetapi ada pengecualian apabila Anda menggunakan ban dengan desain pola telapak yang “searah” (directional), Tipe ban seperti ini apabila dirotasi, setiap ban harus tetap berada pada sisi kendaraan yang sama, hanya bisa dirotasi ke depan atau ke belakang.
Jika kendaraan Anda adalah jenis kendaraan four-wheel drive (penggerak empat roda), kami sarankan untuk menyilangkan kedua pasang ban ke sumbu yang berbeda.
Untuk ini kami menyarankan Anda agar melakukan rotasi terhadap ban Anda setiap 5000 km. Kendaraan jenis four wheel drive (penggerak empat roda) bahkan harus lebih cepat, sekitar setiap 4000 km. Periksalah buku panduan manual kendaraan Anda, untuk mengetahui rotasi ban yang disarankan oleh pabrik kendaraan. Apabila periode perputaran/ rotasi tidak tercantum, maka Anda dapat menggunakan acuan bahwa sebuah ban harus dirotasi setidaknya setiap 5000 km. Rotasi yang pertama kali adalah yang paling penting. Ketika ban dirotasi, pastikan bahwa tekanan angin ban sesuai dengan saran dari pabrik kendaraan. Ban yang keausannya tidak merata dapat juga menyebabkan penyelarasan arah ban yang tidak tepat serta dapat menimbulkan masalah-masalah mekanik lainnya. Dan untuk hal ini Anda dapat dibantu oleh para mekanik Sumber Rejeki untuk diagnosa dan perbaikan.

Berapa lama ban orisinil (asli) saya dapat bertahan?
Goodyear tidak dapat memastikan berapa lama usia pakai ban asli dari pabrik kendaraan Anda yang sudah terpasang di kendaraan Anda. Hal ini dikarenakan adanya berbagai model, fitur konstruksi ban, kompon telapak, aplikasi kendaraan, kondisi geography dan kebiasaan menyetir yang beragam, sehingga sulit untuk menentukan berapa lama usia pakai ban tersebut.
Namun, untuk segala pertanyaan dan keingintahuan Anda mengenai ban, Anda dapat langsung datang ke agen/ dealer resmi Goodyear untuk evaluasi yang lebih mendalam.
Kebanyakan agen resmi kami menyediakan garansi yang spesifik sesuai jarak tempuh dari beberapa jenis ban pengganti (replacement), termasuk beberapa jenis ban yang dipakai sebagai ban original dari pabrik kendaraan. Garansi jarak tempuh ini akan diproses oleh toko ban dengan sebelumnya melakukan verifikasi apakah ban tersebut mendapatkan perawatan yang baik selama pemakaian atau tidak.

Kapan dan bagaimana saya mengetahui bahwa saya membutuhkan ban baru?
Umumnya setiap ban memiliki indikator keausan ban yang tertera pada telapaknya. Ketika sebuah ban berkurang ketebalannya, dimana Anda dapat melihat telapak ban sudah menyentuh indikator keausan (berbentuk segitiga pada bagian dinding atas ban), maka itu artinya Anda sudah harus mengganti ban Anda.

Apakah kebiasaan mengemudi saya dapat berpengaruh pada usia pakai ban saya?
Tentu saja. Berikut adalah beberapa tips untuk memperpanjang usia pakai ban Anda:
Hindari mengemudi dengan kecepatan tinggi. Mengemudi dengan sangat agresif dengan kecepatan tinggi akan menimbulkan panas yang berlebihan. Panas ini akan berdampak pada peningkatan keausan ban dan mengurangi ketahanan ban. Hindari menikung dengan kecepatan tinggi, atau berakselarasi atau melakukan start terlalu cepat dan sering mengerem mendadak.
Hindari mengemudi di jalan yang tidak rata, penuh lubang, benjolan atau hambatan-hambatan lainnya.

Apakah saya harus mengganti ban dengan ukuran yang sama dengan ban yang saya gunakan sekarang?
Jangan pernah mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran ban asli dari pabrik kendaraan Anda. Sebuah ban seharusnya selalu diganti dengan ukuran yang sama (atau alternatif ukuran lain yang dianjurkan), seperti yang dianjurkan oleh pabrik kendaraan atau Sumber Rejeki

Apabila kita hanya membeli dua ban baru, apakah keduanya harus dipasang di depan atau belakang? Apabila ban tipe radial digunakan bersamaan dengan ban tipe bias pada kendaraan yang sama, maka ban yang tipe radial harus ditempatkan pada sumbu belakang. Jangan pernah mengkombinasikan ban radial dengan ban bias pada sumbu yang sama. Jika Anda memilih sepasang ban pengganti dengan ukuran yang sama serta konstruksi yang sama dengan yang sudah terpasang pada kendaraan Anda, kami sarankan untuk menempatkan ban tersebut pada sumbu belakang. Sebuah ban baru seharusnya dipasangkan di sumbu bagian belakang dengan ban yang paling memiliki ketebalan dibanding dengan tiga ban lainnya.

Sepintas Tentang Pertanyaan Umum tentang ban mobil

Apakah ban baru yang saya membutuhkan perawatan secara khusus?
Anda akan merasakan perbedaan dengan ban baru Anda. Sebaiknya mengemudilah dengan lebih hati-hati karena Anda belum cukup familiar dengan performa dan kendali dari ban baru Anda. Disarankan untuk lebih berhati-hati pada saat pengereman, berakselarasi, menikung dan mengemudi pada saat hujan. Saat-saat tersebut adalah saat-saat dimana perbedaannya akan sangat terasa.

Apakah saya harus mengkombinasikan tipe ban pada mobil saya?
Ban dengan beragam desain/ pola telapak, konstruksi dan masa keausan akan dapat berpengaruh pada kendali dan stabilitas kendaraan. Untuk performa terbaik secara menyeluruh, kami sarankan untuk menggunakan ban dengan ukuran, konstruksi (radial atau non-radial) dan indeks kecepatan yang sama untuk keempat ban kendaraan Anda. Apabila ban kendaraan Anda terdiri dari ban dengan indeks kecepatan yang berbeda namun ukurannya sama, maka ban dengan ukuran dan indeks kecepatan yang sama harus ditempatkan di sumbu yang sama. Ban dengan indeks kecepatan yang lebih rendah memutuskan keseimbangan kecepatan semua ban. Jangan pernah mengkombinasikan ban radial dan ban bias pada sumbu penggerak yang sama.

Apakah yang harus saya lakukan bila saya menyadari adanya getaran ?
Getaran yang timbul adalah indikasi bahwa kendaraan Anda memiliki masalah dan perlu diperhatikan. Ban, velg, kemudi (stir) dan sistem suspensi harus diperiksa untuk dapat menentukan apa penyebabnya dan perbaikan apa yang diperlukan. Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, getaran ini dapat mengakibatkan keausan ban dan suspensi yang berlebihan. Bahkan hal ini bisa membahayakan. Sumber Rejeki dapat membantu Anda untuk mendiagnosis dan memperbaiki masalah ini.

Ban saya kempes. Apakah hal ini termasuk di dalam Jaminan/ Garansi ?
Dikarenakan adanya berbagai penyebab dari berkurangnya tekanan angin sebagian atau keseluruhan. Beberapa hal yang menyebabkan berkurangnya tekanan angin yaitu:
Kondisi jalan yang rusak (tertusuk, terpotong, kerusakan pada bagian tepi, baik pada lapisan material atau sisi lain dari karet).
Kebocoran pangkal atau kebocoran sebagian (pangkal pentil dengan karet yang rusak atau aus, atau inti pentil yang longgar atau rusak).
Kebocoran yang berasal dari dudukan ban luar terhadap roda (akumulasi karat di roda yang mencegah ban luar untuk mengaitkan diri dengan tepat ke roda, dudukan ban yang rusak karena kesalahan dalam pemasangan atau pencopotan ban, bahan asing di antara velg dengan ban, pinggiran roda yang bengkok).

Dimana saya bisa mendapatkan informasi teknis atau data hasil pengujian dari sebuah produk ban Goodyear?
Semua data yang diperlihatkan kepada publik dapat diperoleh di brosur informasi produk yang ada di semua agen Goodyear dan di website Goodyear. Walaupun pada dasarnya hal-hal teknis atau hasil tes adalah rahasia perusahaan dan bukan merupakan konsumsi publik, namun pada sebagian kasus, beberapa informasi dapat diminta dengan cara menulis surat maupun email kepada bagian Pusat Teknik kami untuk dipelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar